DAUN PEPAYA: MURAH, MANFAAT BERLIMPAH

Dipublikasikan: 5 Mei 2021
Penulis: Nanda

Semua pasti sudah tahu dong buah pepaya? Pepaya, merupakan salah satu buah yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak baik dikonsumsi langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Membuat banyak orang sangat menyukai buah ini. selain buahnya, ternyata daun pepaya juga memiliki kandungan yang tidak kalah.

Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya daun pepaya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh lhooo. Rutin mengonsumsi daun pepaya, bisa membantu menurunkan risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, anti malaria, serta menghambat pertumbuhan bakteri.

daun pepaya

Manfaat Konsumsi Daun Pepaya

Antikanker

Ekstrak daun pepaya memiliki kemampuan yang kuat untuk menghambat pertumbahan sel kanker terutama kanker prostas dan payudara. Daun pepaya telah digunakan untuk pengobatan tradisional guna mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu. Pada tahun 2010 sebuah penelitian mempublikasikan bahwa konsumsi daun tersebut memiliki efek yang sangat baik terhadap jenis sel kanker payudara paru-paru, serviks, dan pankreas. Konsumsi daun pepaya juga disebut bisa membantu membuang racun dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker.

Mengobati Gejala Demam Berdarah

Salah satu khasiat paling menonjol dari daun pepaya adalah potensinya untuk mengobati gejala tertentu yang berhubungan dengan demam berdarah. Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Cara mengambil manfaat daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya. Rebus lebih kurang 5 lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum.

Mengontrol Darah Tinggi

Daun pepaya sering dimanfaat kan untuk mengobati diabetes dan mengontrol darah tinggi. Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Kemudian, biarkan air menguap hingga tinggal sekitar 3/4. Setelah dingin, minumlah. Anda juga dapat menambahkan gula merah atau madu jika terasa sangat pahit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan daun pepaya yang kaya dengan vitamin A, C, dan E adalah kandungan terbaik yang mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembabannya. Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk kesehatan kulit yakni dengan rajin mengonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman herbal. Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori yang tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, dan jerawat.

Mengurangi Nyeri Haid
Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat meredakan kram yang dialami wanita saat menstruasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah. Selain itu juga bisa dikonsumsi dengan cara di jus. Manfaat daun pepaya untuk kesehatan kewanitaan ini juga telah diteliti di Indonesia.Penelitian tersebut menemukan bahwa nyeri haid bisa mulai berangsur menghilang setelah 2 jam mengonsumsi ekstrak daun pepaya.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.