MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Dipublikasikan: 5 Mei 2021
Penulis: Nanda

Siapa yang tidak tahu kalau minyak zaitun memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisi dan antioksidannya sangat berkhasiat untuk tubuh kita. Oleh sebab itu, minyak zaitun sering digunakna untuk campuran seperti obat-obatan, bahan masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional, juga kosmetik.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk membantu penyembuhan kulit setelah terkena luka bakar ringan, sebagai pelembap, dan mampu mencegah berkembangnya kanker kulit.

minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat minyak zaitun yang popular salah satunya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Riset menyebutkan bahwa konsumsi minyak zaitun murni sekitar 50-60 ml atau 4 sendok makan per hari langsung dapat dirasakan bahwa tekanan darah pada tubuh lebih terkontrol. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan asam lemak yang terkandung pada minyak zaitun dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan juga mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

2. Mengurangi Risiko Terjadinya Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan yang ada pada minyak zaitun sangat berperan untuk mengurangi resiko ternjadinya penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak terjadi penumpukan pada pembuluh darah. Minyak sehat ini sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Minyak zaitun dijadikan pengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan, dengan bagitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi. Selain itu, minyak baik ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Mengatasi Sembelit

Terjadinya sembelit umumnya terjadi dikarenakan pola makan yang kurang sehat, seperti kurangnya asupan air atau makanan berserat. Faktor ini lah yang membuat buang air menjadi sulit dikarenakan sisa makanan di dalam tubuh menjadi sulit untuk dikeluarkan. Minyak zaitun bisa menjadi salah satu cara alami untuk membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga lebih mudah untuk di keluarkan dari dalam tubuh.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Menurut salah satu penelitian, minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker termasuk kanker kulit, dan menangkal dampak sinar matahari pada kulit. Efek ini diduga terkait dengan antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, manfaat minyak zaitun secara klinis untuk kanker masih perlu pembuktian lebih lanjut.

6. Membantu Membersihkan Wajah

Jika Anda kehabisan pembersih make up dan di dapur ada minyak zaitun, Anda bisa menggunakan minyak tersebut untuk menghapus sisa-sisa make up di wajah. Banyak merek kosmetik yang kini membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah”. Cleansing oil tersebut terbuat dari minyak-minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun bebas bahan kimia paraben yang berbahaya, dan tidak melenyapkan minyak alami di wajah.

7. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa pula didapatkan dengan menggunakannya sebagai masker. Efek minyak zaitun ini baik untuk kulit wajah karena selain dapat menjaga kelembapan kulit, kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam minyak zaitun dapat memelihara kesehatan kulit dan membantu mengurangi keriput. Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang paling baik untuk menjaga kelembapan kuilt dan mudah meresap ke dalam lapisan-lapisan kulit.

8. Mencerahkan Kulit

Zat antioksidan dan antiradang yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan, yaitu untuk melawan radikal bebas serta mengatasi peradangan yang menyebabkan munculnya kerutan dan mengurangi kekencangan kulit.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.