6 BAHAN PENGHILANG ALERGI SECARA ALAMI

Dipublikasikan: 7 Juni 2021
Penulis: Nanda

Alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap sesuatu, seperti makanan, atau benda tertentu. Seharusnya reaksi ini tidak meninggalkan reaksi pada tubuh orang lain. Reaksi tersebut muncul dalam bentuk pilek, ruam kulit, gatal, bahkan sampai sesah nafas.

alergi
Alergi Kulit

Apa Penyebab Alergi?

Alergi dapat disebabkan oleh reaksi sistem imun terhadap alergen yang berbeda-beda pada setiap orang. Contoh alergi yang biasa ditemukan adalah seperti debu, kulit mati hewan peliharaan, kacang, gigitan serangga (ulat mulu, kecoa), obat, tanaman, ataupun terkena bahan lateks.

Reaksi alergi yang dirasakan setiap orang berbeda-beda, mulai dari reaksi yang ringan seperti bersin hingga reaksi yang berat, yaitu anafilaksis. Reaksi alergi yang muncul juga tergantung dari jenis alergennya. Alergi umumnya terjadi pada anak-anak dan biasanya akan mereda seiring bertambahnya usia. Namun pada beberapa orang, alergi yang diderita masih muncul meskipun sudah memasuki usia dewasa.

Berikut ini ada 6 bahan yang dapat menghilangkan alergi, diantaranya:

1. Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang memiliki kandungan probiotik yang snagat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada orang-orang tertentu, probiotik pada produk fermentasi akan membantu menjadikan tubuh lebih kuat dan tidak akan mudah drop akibat alergi.

Penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi probiotik saat hamil dan sesudah hamil dapat menurunkan resiko berkembangnya penyakit eksim pada bayi sampai dengan 50%. Selain itu untuk anak berumur 2-5 tahun yang memiliki rhintis alergi mampu mengurangi gejala alerginya setelah mengkonsumsi susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei selama satu tahun.

2. Vitamin C

Vitamin C yang dikandung oleh buah-buahan dapat membantu menghilangkan alergi. Hal tersebut dikarenakan secara tidak langsung vitamin c dapat menghambat sel yang meradang agar tidak melepas histamin di dalam tubuh. Selain itu, vitamin C dalam kadar tinggi bisa mengurangi kadar histamin dan membuat proses pemecahannya lebih cepat sehingga meredakan gejala alergi.Vitamin C juga bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh sehingga alergi dapat diatasi.

Salah satu buah yang bisa Anda cari saat alergi menyerang adalah kiwi. Sebab, kiwi sangat kaya akan vitamin C. Begitu pula dengan buah jeruk. Vitamin C dalam kedua buah tersebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh tak terdampak terlalu buruk dari paparan alergen.

3. Vitamin D

Siapa sangka bahwa vitamin D juga dapat membantu untuk menurunkan resiko alergi, mengatasi kulit gatal, mencegah infeksi jamur, sampai dengan mengatasi penyakit psoriasis. Vitamin D berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Sebab vitamin D dapat menjaga kelembabannya, mengoptimalkan proses regenerasi, dan dapat menurunkan resiko terjadinya ganggua penyakit.

Sumber vitamin D bisa Anda dapatkan melalui beberapa makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan, kuning telur, jamur, susu, atau makanan penghilang alergi lainnya yang patut untuk dicoba. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D melalui suplemen. Namun, Anda harus memperhatikan dosis yang harus digunakan.

4. Kunyit

Siapa sangka bumbu masakan satu ini bisa membantu untuk penghilangkan alergi khususnya pada kulit? Rempah ini mengandung kurkumin yang diyakini bisa meredakan pembengkakkan dan iritasi akibat rhinitis alergi. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-alergi karena mengandung zat yang dikenal sebagai kurkumin. Campurkan satu sendok teh kunyit dengan susu panas dan minum dua kali sehari untuk mencegah alergi.

5. Oatmeal

Tahukah Anda bahwa oatmeal juga termasuk golongan makanan untuk membantu menyembuhkan rasa gatal? Oatmeal mengandung antioksidan dan antiradang yang dipercaya mampu untuk meredakan rasa gatal akibat alergi pada kulit. Jika Anda ingin mencobanya, Anda perlu mencampurkan oatmeal ke dalam bak mandi dengan langkah-langkah berikut ini;

  • Masukkan 1 cangkir oatmeal bubuk ke dalam bak berisikan air hangat
  • Aduk airnya hingga oatmeal tercampur merata
  • Masuk ke dalam bak mandi dan berendam
  • Setelah 30 menit, bilaslah tubuh menggunakan air bersih.

Itulah beberapa makanan alami yang bisa membantu Anda dalam mengatasi alergi. Sertakan selalu ke dalam menu harian Anda agar manfaatnya bisa Anda rasakan secara optimal. Hal terpenting untuk mencegah alergi adalah dengan menjauhi pencetusnya. Jika Anda belum tahu apa pemicu alergi Anda, lebih baik segera lakukan pemeriksaan. Apabila reaksi alergi yang Anda alami cukup parah, lebih baik segera konsumsi antihistamin resep dokter untuk meredakannya atau cari bantuan medis.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Kolom Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *