5 HERBAL ALAMI UNTUK ATASI MAAG SAAT BERPUASA

Dipublikasikan: 13 April 2021
Penulis: Nanda

Asam lambung merupakan gejala maag yang dimana kondisi lambung sedang luka atau mengalami peradangan. Faktor penyebabnya adalah pola makan yang tidak teratur. Asam lambung menjadi penting untuk proses pencernaan makanan. Kondisi asam lambung harus dalam keadaan normal, apabila berlebihan akan menimbulkan nyeri pada bagian lambung.

Salah satu cara untuk bantu menormalkan dan mengatasi masalah lambung dengan aman yaitu dengan menggunakan bahan alami. Berikut ini ada beberapa bahan alami untuk atasi asam lambung yang mudah, aman, dan bisa Anda buat sendiri di rumah lho!

asam lambung

Untuk menjalani ibadah puasa, tak jarang gangguan asam lambung selalu menyerang. Hal ini sebenarnya wajar terjadi, karena adanya perubahan pola makan yang bisa menjadi faktor asam lambung naik. Bila kondisi ini terjadi saat menjalani ibadah puasa tentunya iabdah menjadi terganggu. Oleh karena itu, atasi dengan herbal alami guna membantu meredakan asam lambung seperti di bawah ini

1. Kurma

Kurma sudah dikenal kaya akan manfaat untuk kesehatan, tapi tau kah Anda bahwa menurut penelitian dari Journal of Ethnopharmacology menyatakan bahwa kurma dapat meredakan asam lambung? Kurma bersifat basa yang mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung. Maka dari itu, pengidap maag atau asam lambung disarankan untuk memakan kurma setiap sahur dan berbuka puasa untuk menetralisit cairan lambung.

2. Daun Mint

Daun mint sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan. Sampai saat ini daun mint bisa digunakan untuk meredakan gejala gangguan lambung seperti asam lambung atau maag, perut kembung, dan mual. Fungsi dari daun mint dapat membantu merelaksasi otot perut yang keram akibat perut kembung. Daun mint bekerja dengan cara mendorong keluar gas pada lambung. Namun daun mint tidak dianjurkan untuk penderita GERD.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya mimiliki gel yang dimana memiliki senyawa anti peradangan, vitamin, mineral, dan asam amino. Oleh sebab itu, lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk penderita gangguan pencernaan seperti maag dan asam lambung. Pada penelitian Journal of traditional Chinese Medicine menyatakan bahwa jus lidah buaya sangat efektif untuk membantu mengurangi gejala heartburn dengan mengurangi produksi asam. Selain itu juga jus lidah buaya aman untuk mengatasi asam lambung karena tanpa pewarna dan pemanis buatan, jadi aman untuk dikonsumsi.

4. Madu

Madu merupakan bahan herbal alami yang memiliki sifat antioksidan, sehingga tidak heran bahwa madu dapat membantu atasi masalah asam lambung dan meredak sensasi heartburn. Sudah sejak lama bahwa madu dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh madu untuk mengatasi asam lambung, diantaranya:

  • Membantu lapisi dinding esofagus (kerongkongan) dan lambung;
  • Memperbaiki fungsi cincin esofagus; dan
  • Membantu mengurangi peradangan pada esofagus

5. Jahe Merah

Jahe merah memiliki sifat anti peradangan yang bermanfaat untuk penderita masalah maag dan asam lambung yang dapat meredakan rasa mual. Selain itu jahe merah dapat berfungsi sebagai bahan alami yang bersifat gastroprotektif. Gasprotektif berperan untuk menekan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), penyebab asam lambung naik. Apabila bakteri tersebut memiliki jumlah yang banyak gejala maag bisa muncul. Hal itu terjadi dikarenakan terdapat infeksi pad dinding lambung.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Rachel Maryam

Solusi herbal untuk sakit pinggang

Ditanyakan oleh: Rachel Maryam
Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *