10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan. Yuk Simak Penjelasannya!

Dipublikasikan: 13 April 2021
Penulis: Nanda

Kalian sudah familiar dengan kunyit dong? Sudah tau manfaatnya belum? Mengkonsumsinya sangat baik dan sangat dianjurkan lho untuk memelihara kesehatan tubuh kita.

kunyit
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Semua pasti sudah kenal dengan kunyit dong ya? Saat ini hampir setiap orang tau dan menganal rempah yang berwarna kuning orange ini. Rempah yang aslinya berasal dari Indonesia ini sangat dikenal sekali akan khasiatnya untuk tubuh kita.

Kunyit sering digunakan untuk bahan masakan, kecantikan, ataupun bahan obat herbal kesehatan. Berikut ini ada 10 manfaat yang harus kita ketahui untuk menjaga kesehatan kita sehari-hari;

1. Mengobati Rasa Nyeri Ketika Haid

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kunyit sering dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan nyeri pada saat haid. Kandungam kurmin berfungsi sebagai pereda nyeri atau analgesik yang dapat melemaskan kontraksi uterus. Selain itu, dapat mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim.

2. Mengobati Sakit Maag

Sebagai penderita penyakit maag, mengkonsumsi kunyit bisa menjadi solusi untuk mengobatinya dan ampuh untuk atasi masalah maag. Maag yang menyerang pada saat setelah atau sebelum kita makan dapat disebabkan adanya radang atau infeksi yang terjadi di usus. Fungsi dari kandungan kurkumin dapat meningkatkan produksi lendir untuk melindungi usus dan lambung.

3.Menjaga Kesehatan Perut

Minum kunyit setiap hari dapat menjaga kesehatan perut. Kandungan kurkumin dapat meredakan rasa mual, selain itu kurkumin dapat meresap ke dalam aliran darah dan mengurangi tekanan dara yang tumpul pada perut. Sehingga membuat perut terasa lega dan ringan.

4. Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Kunyit juga membantu meningkatkan pencernaan. Beberapa komponennya diketahui merangsang kandung empedu untuk menghasilkan empedu, sehingga membuat sistem pencernaan lebih efisien. Untuk itu, dapat mengurangi gejala kembung dan produksi gas berlebih. Pencernaan yang baik adalah kunci mencapai metabolisme yang sehat. Maka, metabolisme yang sehat ini dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Pasta berbahan kunyit menjadi bagian dari ritual kecantikan dan perawatan kulit India sejak dahulu kala. Antioksidannya dapat menghambat aktivitas radikal bebas penyebab penuaan kulit. Kamu bisa minum air kunyit setiap hari untuk membantu kulit menjadi lebih bercahaya, sehat, dan awet muda.

6. Mengatasi Racun

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kunyit dapat menetralisir racun bisa dari gigitan ular. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk menghambat aktivitas bisa yang sudah masuk ke dalam darah dan dapat menghentikannya agar tidak menyebar ke seluruh bagian tubuh.

7. Melawan Bakteri Jahat

Mengkonsumsi kunyit memiliki manfaat melawan bakteri jahat. Minum airnya sangat ampuh membantu redakan rasa perih dan nyeri perut. Selain itu, kandungannya dapat melawan bakteri jahat yang menyerang mulut organ intim wanita. Oleh sebab itu, kandungan kunyit selalu ada pada botol pembersih vagina.

8. Menahan Rasa Sakit

Mengkonsumsi kunyit dapat menjadi penahan rasa sakit untuk meredakan rematik, arthritis, demam, dan sakit gigi. Sifat analgesik dapat menurunkan tekanan darah pada area tubuh yang merasakan linu. Selain itu kandungannya dapat mengalahkan kandungan aspirin sebagai obat sakit kepala.

9. Mengobati Radang

Meminum kunyit dapat mengobati radang yang terjadi pada tubuh kita. Dalam satu buah kunyit terkandung 200 miligram kurkumin. Zat aktif yang dimilikinya dapat membantu memberhentikan kerja enzim dan siitokin yang menyebabkan inflasi dalam tubuh. Kandungan kurkumin berfungsi sebagai antioksidan dan mengandung efek antiradang poten dan dapat meningkatkan pproduksi kortison pada kelenjar adrenal. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pharmacognosy Reviews kandungan kurkumin dapat mengobati peradangan pada usus

10. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Jenis kunyit putih dipercaya sebagai penghambat kanker, dan sudah terbukti dari zaman dahulu. Menurut penelitiannya, dapat merawat pasien yang menderita kanker rahim, payudara, dan usus besar. Kandungan kurkumin ampuh untuk memberantas sel tumor ganas sebagai penyebab kanker. Selain itu, hasil uji laboratorium mengatakan bahwa kurkumin dapat mengempiskan bengkak yang disebabkan oleh tumor.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *