MANFAAT TEMULAWAK UNTUK KESEHATAN

Dipublikasikan: 13 April 2021
Penulis: Nanda

Temulawak sudah terbukti sebagai bahan pengobatan tradisional dari China. Tanaman herba ini banyak sekali dijumpai di Indonesia dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Namun, manfaat lainnya adalah temulawak juga bermanfaat baik untuk membantu penyembuhan luka sampai dengan kecantikan. Selanjutnya apa sajakah manfaat temulawak yang sudah terbukti secara ilmiah?

Temulawak
TEMULAWAK

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman asli Indonesia yang rupanya mirip dengan kunyit, memiliki bentuk silinder dengan diameter 6cm. Umumnya temulawak memiliki warna kulit kuning gelap dan dalamnya berwarna kuning muda. Temulawak umumnya digunakan untuk bumbu dapur dan diolah menjadi penambah penyedap rasa makanan.

Apa Sajakah Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan?

  • Memperlancar Pencernaan

Temulawak memiliki manfaat yang dapat merangsang cairan empedu pada kantung empedu. Hal tersebut dapat membantu dalam proses pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh. Tidak hanya itu, temulawak dapat mengatasi perut kembung, meningkatkan nafsu makan, dan membantu menyembuhkan peradangan usus. Kandungan serat juga kurkumin yang tinggi pada temulawak dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Khasiat temulawak yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah susah buang air besar.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi temulawak. Curcumin dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke. Curcumin dalam temulawak dapat meingkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah. Mengacu pada hal tersebut, temulawak akan mengatur tekanan darah supaya tetap normal.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat temulawak adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dari berbagai serangan penyakit. Seperti contohnya adalah dimana kondisi tubuh kita sedang masuk angin. Masuk angin memiliki gejala tubuh terasa tidak enak disertai dengan perut terasa kembung disertai mual, kepala terasa pusing, badan menggigil. Penyebab masuk angin ini bisa dikarenakan kelelahan saat beraktivitas. Untuk pemanfaat temulawak bisa mengkonsumsinya dengan cara meminum air rebusan temulawak.

  • Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Kondisi ini merupakan jenis peradangan arthritis atau peradangan sendi. Kandungan temulawak dapat membantu meringankan rasa sakit penderita Osteoarthritis. Sebuah jurnal penelitian pada Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa efek temulawak hampir sama dengan efek yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi obat kimia (ibuprofen) penghilang rasa sakit.

  • Mencegah dan Membantu Penyembuhan Kanker

Temulawak memiliki banyak zat anti-oksidan yang dimana dapat berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya kanker di badan dan menyusutkan sel kanker yang sudah terbentuk. Sebuah hasil studi dalam jurnal kesehatan The Prostate menyatakan bahwa temulawak memiliki kandungan aktif yang dapat membantu pengobatan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus. Sebuah riset menyatakan bahwa temulawak dapat menghambat oertumbuhan dan perkembangan kanker prostat.

  • Menyembuhkan Jerawat

Temulawak memiliki kandungan anti-bakteri yang dimana kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk wajah. Selain itu temulawak memiliki sifat astringent yang dimana dalam dunia kecantikan temulawak dapat dijadikan sebagai obat jerawat. Astringent dapat berfungsi membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi produksi minyak dari kelenjar. Bagi kulit yang berjerawat bisa memanfaatkan temulawak sebagai masker wajah untuk mengurangi peradangan.

  • Menjaga Kesehatan Hati

Kandungan curcumin pada temulawak berperan sebagai anti-inflamasi untuk meredakan peradangan pada organ hati. menurutn Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI bahwa temulawak dapat memberikan proteksi atau perlindungan organ hati. Oleh sebab itu, temulawak sangat baik untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Selain itu menurut Scientific Researh Journal, ekstrak temulawak sudah terbukti memiliki manfaat untuk melindungi hati dari hepatototoksin yang merupakan bahan kimia berbahaya bagi hati.

  • Penambah Nafsu Makan

Meski tidak secara langsung temulawak berperan sebagai herbal penambah nafsu makan bukan berarti temulawak tidak memiliki manfaat disana. Apabila Anak memiliki masalah pencernaan, kembung, sakit perut, atau maag dapat menjadi faktor penyebab penurunan nafsu makan.Kandungan kurkumin pada temulawak dapat menyembuhkan masalah pencernaan dan mengatasi masalah nafsu makan menjadi normal kembali. Selain itu bisa kombinasikan temulawak dengan lada hitam. Kombinasi tersebut dapat meningkatkan aktivitas enzim pada usus halus, sehingga proses pencernaan menjadi lebih mudah dan nafsu makan meningkat.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Temulawak

Dalam mengkonsumsi temulawak tidak boleh berlebihan, dikarenakan akan menimbulkan sejumlah efek samping bagi kesehatan. Sesuaikan dosis temulawak dengan kondisi kesehatan, usia, dan keperluan. Temulawak aman dikonsumsi dengan jarak yang dijeda (tidak setiap hari)

Temulawak akan berdampak buruk untuk penderita gangguan empedu dan hati apabila dikonsumsisecara berlebihan. Selain itu temulawak juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan temulawak yang berperan dapat mengencerkan darah dan mengikis lemak membuat rentan bagi ibu hamil.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *