TIPS MENJAGA TEKANAN DARAH SEBELUM VAKSIN COVID-19

Dipublikasikan: 12 Juni 2021
Penulis: Nanda

Hipertensi adalah istilah medis dari penyakit tekanan darah tinggi. Namun apakah pengidap hipertensi boleh mendapatkan vaksin covid-19? Yuk baca penjelasannya berkut ini.

hipertensi

Dalam kondisi pandemi corona ini vaksin dianggap sebagai cara paling jitu untuk penanganan virus. Walaupun memang vaksin untuk banyak orang paling dipercaya untuk menangkal virus, namun tidak semua orang bisa mendapatkan vaksin corona. Usia dan kondisi kesehatan tertentu biasanya menjadi faktor yang paling dipertimbangkan saat pemberian vaksi.

Vaksin yang memiliki kandungan atau komponen yang berbeda akan mempengaruhi reaksi yang diterima oleh penerima vaksin. Pengaruhnya akan lebih signifikan pada orang yang memiliki masalah sistem kekebalan tubuh, fungsi paru-paru, penyakit jantung, termasuk juga pengidap hipertensi. Apakah benar?

Anda Penderita Hipertensi?

Jika Anda penderita hipertensi maka ada baiknya Anda harus berhati-hati untuk melindungi diri dari virus corona. Penderita hipertensi memiliki potensi lebih besar untuk terkena virus corona dengan efek yang lebih buruk dan berakibat kematian karena terjadinya infeksi.

Umumnya penderita hipertensi memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah. Ini salah satu penyebab alasan penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi memiliki resiko lebih tinggi terkena virus corona. Tidak hanya itu saja kondisi kesehatan jangka panjang dan usia berakibat melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga imun tubuh kurang mampu untuk melawan virus. Hampir 2/3 penderita tekanan darah tinggi berada di usia 60 tahun.

Apakah Penderita Hipertensi Boleh Vaksin Covid-19?

Jika Anda sudah terdaftar menjadi peserta penerima vaksin dan memiliki tekanan darah yang tinggi, Anda tidak akan diberikan vaksin. Selama Anda memiliki tekanan darah lebih dari 140/90, maka tidak boleh atau tidak layak mendapatkan vaksin. Sehingga pastikan sebelum divaksin, tekanan darah Anda di bawah 140/90, agar Anda tetap bisa menerima vaksin yang sudah disediakan dan dijadwalkan pemberiannya.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Sebelum Vaksin Covid-19

  • JAHE

Tanaman ini sudah lama digunakan untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung, termasuk kadar kolesterol dan tekanan darah.

  • KAPULAGA

Kapulaga juga baik untuk pengidap hipertensi. Ada studi yang menyebut bahwa rutin mengonsumsi kapulaga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

  • Bawang Putih

Pengidap hipertensi juga disarankan untuk mengonsumsi bawang putih. Sebab, jenis tanaman yang satu ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

  • Seledri

Ada penelitian pada hewan percobaan (tikus) yang menemukan bahwa ekstrak seledri ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi seledri juga disebut bisa membantu memelihara kesehatan pembuluh darah.

  • Daun Basil

Daun kemangi memiliki kandungan eugenol yang disebut bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan senyawa dalam daun kemangi juga disebut bisa membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa menurun atau kembali normal.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *