MENGETAHUI DAUN SAGE SEBAGAI HERBAL UNTUK KESEHATAN TUBUH

Dipublikasikan: 5 Mei 2021
Penulis: Nanda

Daun sage dikenal sebagai herbal untuk kesehatan sejak ratusan tahun lalu. Kandungan nutrisinya digunakan untuk obat tradisional di Eropa, Afrika, dan Amerika. Umumnya digunakan dalam makanan sebgaia bumbu dan rempah. Namun, dalam idang industri sage digunakan sebagai salah satu komponen pengharum sabun kosmetik. Untuk mengetahui lebih jauh manfaat daun sage, mari simak artikel berikut ini.

sage

1. Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Manfaat daun sage yang pertama adalah menurunkan gula darah dan kolesterol. Menurut penelitian ahwa daun sage berkhasiat untuk mengendalikan kadar gula darah serta membantu mengendalikan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat. Studi ini dilakukan setelah pasien diberikan esktrak daun sage selama tiga bulan.

Manfaat daun sage ini bahkan disebut hampir mirip dengan hormon insulin yang berfungsi untuk mengatur gula darah. Selain itu, teh daun sage diyakini dapat mencegah dan mengobati diabetes tipe 2. Untuk dapat menikmati khasiat daun sage ini, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh. Namun, jika Anda sedang menjalani pengobatan diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum hendak memanfaatkan daun sage sebagai obat herbal.

2. Mendukung Pengobatan Alzheimer

Daun sage dapat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan menjaga otak dari gangguan neurologis. Diketahui bahwa mengonsumsi esktrak sage dari dua spesies yang berbeda tersebut selama 4 bulan mampu memperbaiki proses belajar, ingatan, dan informasi pada orang-orang dengan penyakit Alzheimer ringan hingga sedang. Daun sage mengandung antioksidan serta beragam vitamin dan mineral yang juga baik untuk kesehatan dan fungsi otak.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada daun sage mengandung zat yang bersifat antimikroba dan dapat mencegah timbulnya plak gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan obat kumur berbahan dasar daun sage mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Tak hanya itu, daun sage juga dipercaya dapat mengobati infeksi tenggorokan, infeksi gusi, dan sariawan.

4. Meredakan Gejala Menopose

Menjelang masa menopause, tubuh wanita secara alami akan mengalami penurunan kadar hormon estrogen. Kondisi ini akan menyebabkan terhentinya menstruasi dan dapat menimbulkan berbagai keluhan, seperti keringat berlebih, vagina kering, sulit tidur, dan perubahan suasana hati. Daun sage dipercaya memiliki senyawa yang mirip dengan estrogen, sehingga berpotensi dapat meredakan berbagai gejala menopause yang menjengkelkan.

5. Meredakan Peradangan dan Menyembuhkan Luka

Ekstrak daun sage memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Manfaat ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan akibat peradangan, misalnya kulit terbakar sinar matahari atau luka ringan. Ekstrak daun sage dalam bentuk obat oles juga diketahui dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.