SIAPA SAJA YANG BISA MENGONSUMSI MADU?

Dipublikasikan: 8 Mei 2021
Penulis: Nanda
madu

Umumnya, madu tergolong aman dan tidak banyak menimbulkan efek samping. Namun, madu belum boleh diberikan kepada bayi atau anak usia di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.

Botulisme adalah kondisi keracunan yang menyerang saraf tubuh dan berpotensi fatal. Risiko ini juga perlu diwaspadai pada ibu hamil yang memiliki masalah pencernaan atau penyakit yang melemahkan sistem imun tubuh.

Sebelum Anda mengonsumsi sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu. Pasalnya madu yang berasal dari luar (impor) bisa dicampur dengan sirop jagung. Anda juga patut mewaspadai madu palsu yang bisa diidentifikasi lewat harga yang lebih murah.

Hal lain yang juga perlu diingat adalah madu dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang yang juga memiliki alergi terhadap serbuk sari. Selain itu, ada jenis madu yang penggunaannya harus diwaspadai, yaitu madu rhododendron atau yang dikenal dengan madu gila (mad honey). Madu yang khas dengan rasanya yang pahit ini berasal dari ekstraksi nektar bunga rhododendron.

Madu gila memang memiliki aktivitas antiradikal bebas yang tinggi sehingga dipercaya bermanfaat sebagai obat hipertensi, obat diabetes, dan penambah gairah seksual. Namun, madu ini juga memiliki risiko untuk menyebabkan keracunan yang gejalanya meliputi muntah-muntah, diare, nyeri dada, pingsan, hingga koma.

Manfaat madu untuk meningkatkan kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Meski begitu, konsumsi madu juga tidak boleh berlebihan, mengingat cairan ini tinggi kalori dan gula. Anda juga juga perlu memastikan bahwa madu yang akan dikonsumsi sudah terdaftar di BPOM RI.

Bila Anda ingin menggunakan madu untuk pengobatan penyakit tertentu atau untuk menyembuhkan luka, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan keamanan dan efektivitas madu pada kondisi Anda.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *