5 BAHAN ALAMI UNTUK MENINGKATKAN NAFSU MAKAN ANAK

Dipublikasikan: 5 Mei 2021
Penulis: Nanda

Anak-anak yang menutup mulut untuk menolak makan pastinya sering membuat orang tua menjadi kebingungan. Nafsu makan anak maupun orang dewasa dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin yang menyebabkan terjadinya peningkatan nafsu makan, dan hormon leptin menyebabkan turunnya tingkat nafsu makan.

Kurangnya nafsu makan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti stres, tegang, efek samping obat, rasa, dan tampilan makanan yang tidak menarik. Karena banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, penting bagi kita untuk tahu cara menambah nafsu makan.

nafsu makan

Ada beberapa herbal yang dapat Anda coba sebagai cara menambah nafsu makan anak, antara lain:

Madu

Tidak hanya memiliki rasa yang manis, madu juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Madu mengandung karbohidrat yang terdiri dari glukosa dan fruktosa, vitamin B kompleks, dan berbagai macam mineral seperti zat besi, dan zinc yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Dengan rutin mengonsumsi madu, anak jadi tidak mudah sakit. Pemanis alami ini dipercaya dapat menambah nafsu makan buah hati, lho.

Minyak Ikan Sidat

Ikan Sidat merupakan ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, namun masyarakat Indonesia belum banyak yang merasakan manfaat ikna sidat. Mengkonsumsi ikan sidat untuk anak dapat membantu proses pertumbuhannya, emningkatkan pertumbuhan otak, meningkatkan imunitas tubuh, dan organ sesitif seperti mata. Ikan sidat memiliki kandungan Vitamin B1, B2, A, dan kaya akan omega 3.

Jahe

Walaupun jahe mampu meningkatkan nafsu makan, rempah ini juga mampu mengontrol berat badan. Jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak. Jahe bisa ditambahkan sebagai bumbu makanan yang membuat cita rasa makanan jadi lebih enak dan sedap.

Kayu Manis

Kayu manis biasa dijadikan penyedap untuk memberi aroma harum dan manis khas rempah. Masakan yang dicampur dengan kayu manis cenderung dapat merangsang nafsu makan secara alami. Tak hanya ditambahkan dalam masakan, kayu manis juga bisa menjadi bahan tambahan pada kue atau camilan.

Kayu manis terkenal memiliki beberapa sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kayu manis dapat membantu mencegah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur. Penyakit ini termasuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus, Salmonella, dan E.coli.

Pegagan

Pegagan merupakan herbal yang memiliki banyak khasiat seperti gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Adapun yang mengkonsumsi pegagan untuk dijadikan lalapan. Secara tidak langsung banyak manfaat pegagan yang masuk kedalam tubuh kita. Pegagan juga dapat menjadi solusi herba yang bisa digunakan untuk merangsang nafsu makan. Bagi orang tua yang keropatan dengan masalah nafsu makan anak pegagan ini bisa menjadi solusi.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.