5 Makanan Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Dipublikasikan: 13 Maret 2021
Penulis: Nanda

Ingin berat badan cepat turun? Berikut merupakan rekomendasi menu makanan untuk diet sehat penuh nutrisi yang wajib dicoba.

makanan untuk diet

Memilih menu untuk diet bisa menjadi jadi hal yang memusingkan bagi mereka yang sedang mengikuti program penurunan berat badan. Wajar, sebab setiap asupan yang masuk ke tubuh akan sangat menentukan berhasil tidaknya diet yang dijalani. Namun, tak usah risau ya. Berikut ada beberapa rekomendasi menu diet sehat yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Telur

Telur merupakan sumber makanan untuk diet yang kaya protein dan sangat bagus untuk makanan diet Anda. Nutrisi lengkap di dalamnya juga memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga keinginan makan terus-menerus dapat dikurangi. Namun, untuk menghindari lemak dan kolesterolnya, lebih baik konsumi telur rebus tanpa garam, ya!

2. Ikan

Menu diet sehat yang bisa menjadi rekomendasi adalah ikan. Selain tinggi protein, ikan juga mengandung lemak baik dan banyak nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh saat diet. Kandungan omega-3 dalam ikan dapat membantu menurunkan berat badan, Iodine di dalamnya juga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh, sehingga berat badan lebih cepat turun.

Jenis ikan yang bisa Anda konsumsi ketika diet adalah ikan perairan laut dalam seperti Salmon, tuna, san makarel. Untuk mengoptimalkan makanan untuk diet program Anda sebaiknya ikan dikonsumsi tidak dengan digoreng. Tambahan minyak dapat menyumbang lebih banyak lemak masuk ke dalam tubuh.

3. Kentang Rebus

Kentang rebus bisa jadi alternatif makanan sehat pengganti nasi. Umbi-umbian jenis ini diketahui mengandung senyawa sejenis serat yang punya beragam efek baik untuk kesehatan, terutama untuk menurunkan berat badan. Potasium di dalam kentang juga bagus untuk mengontrol tekanan darah, lho.

4. Alpukat

Jika Anda sedang menjalani program diet, jangan lupa masukkan alpukat dalam pilihan menu makanan untuk diet harian Anda, ya. Buah bertekstur lembut ini diketahui mengandung lemak sehat yang baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat dan air di dalamnya juga efektif untuk membantu melancarkan pencernaan.

5. Kacang-Kacangan

Siapa bilang makan kacang bikin gemuk? Kacang justru bisa jadi pilihan camilan sehat untuk para pelaku diet karena mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau kacang bisa mempercepat metabolisme tubuh, lho.

Nah, itu dia beberapa opsi makanan untuk diet sehat dengan cara alami. Selain kelima makanan di atas, Anda juga bisa mencoba sayuran hijau, gandum utuh, minyak kelapa, serta buah anggur agar BB lebih ideal. Semoga bermanfaat!

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *