Herbal Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa

Dipublikasikan: 13 April 2021
Penulis: Nanda
herbal

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, umat islam dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu tetap sehat agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Saat ini masyarakat dunia termasuk Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang mengajurkan kita harus memiliki daya imunitas yang baik agar tidak mudah terserang virus. Agar menadapatkan sistem kekebalan tubuh yang baik, salah satunya menggunakan herbal.

Kementrian kesehetan menyatakan bahwa ada beberapa herbal yang telah diuji secara empiris bahwa dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang baik sehingga berguna untuk mencegah beberapa penyakit, diantaranya yaitu:

Jinten hitam (habbatussauda)

Jinten hitam siapa tidak kenal? Herbal ini dianggap sebagai herbal yang cukup ampuh dan baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa jinten hitam bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat aktif seperti thymoquinone, carvacrol, dan thymol berperan sebagai pembuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Herbal ini merangsang sel darah putih untuk melawan infeksi dan zat-zat yang masuk ke dalam tubuh.

Kulit Manggis

Kulit manggis merupakan herbal yang sedang hits. Memiliki kandungan zat xanthone yang memiliki peran sebagai antioksidan. Anti oksidan mampu mencegah radikal bebas, anti kanker, anti diabetes, anti peradangan, dan penyakit kronis lainnya. Dengan manfaat yang begitu banyak kulit manggis mampu mencegah Anda untuk jatuh sakit pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Selain itu mencegah kulit menjadi kering dikarenakan kekurangan cairan saat berpuasa.

Jahe

Saat imunitas turun tubuh akan memiliki gejala badan terasa lemas, flu, hidung tersumbat. Salah satu Herbal yang cocok untuk mengatasi imunitas yang sedang turun adalah jahe. Menyeduh segelas jahe menjadi obat yang paling sempurna. Layaknya vitamin c, jahe baik untuk mencegah flu dan hidung tersumbat. Mikroba yang terkandung dalam jahe sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh Anda akan terasa hangat ketika mengkonsumsi air jahe.

Kunyit

Jenis herbal ini tidak kalah ampuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Kunyit berperan sebagai produsen sel-sel darah putih untuk melawan segala macam jenis infeksi, bakteri, ataupun virus. Herbal ini sangat penting saat Anda menjalani ibadah puasa, karena saat berpuasa terjadinya pola makan dan jam tidur. Kondisi seperti ini sistem pertahanan tubuh dapat menurun dan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Bayam

Bayam memiliki kandungan asam folat. Asam folat snagat berfungsi untuk membentuk sel-sel baru. Bayam memiliki kandungan asam folat. Selain itu bayam tinggi antioksidan, serat, dan vitamin B. Bayam sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi bayam pada saat sahur dan berbuka memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan nutri harian kita saat menjalankan ibadah puasa.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Rachel Maryam

Solusi herbal untuk sakit pinggang

Ditanyakan oleh: Rachel Maryam
Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.