5 HERBAL YANG AMPUH UNTUK MENYEMBUHKAN INFLUENZA

Dipublikasikan: 12 Juni 2021
Penulis: Nanda
flu

Flu atau influenza merupakan virus penyebab infeksi yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Biasanya apabila Anda terserang flu Anda akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbang, dan disertai batuk.

Memiliki gejala yang mirip namun virus yang menyerang adalah berbeda. Banyak orang yang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Gejala flu lebih parah dan lebih menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan gejala muncul secara bertahap.

Penyebab Flu

Flu sendiri merupakan penyakit yang sangat mudah menular ke orang lain, terutama pada saat 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Seseorang dapat tertular flu jika tidak sengaja menghirup percikan air liur udara (bersin atau batuk) yang dikeluarkan penderita. Selain itu penularan flu juga bisa dikarenakan menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang sudah terkena percikan air liur penderita.

Pencegahan Dan Pengobatan Flu

Flu yang dikategorikan ringan dapat diatasi dengan banyak beristirahat, mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin, dan tidak lupa untuk minum agar tubuh mendapatkan banyak cairan. Namun apabila flu sudah dikategorikan berat seperti demam yang terlalu tinggi sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter.

Cara mencegah flu secara efektif bisa dengan vaksin, rajin mencuci tangan, dan menjauhi orang yang sedang menderita flu. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengobatan herbal sendiri di rumah. Ada banyak pengobatan ala rumahan yang dapat meringankan gejala flu dan membuat tubuh kembali normal. Salah satunya adalah menggunakan tanaman obat alami yang berasal dari alam. Berikut 5 jenis tanaman yang bisa dipakai untuk obat flu ampuh dan mudah didapatkan;

1. Jahe

Memanfaatkan jahe untuk menjaga kesehatan tubuh sudah dipuji selama berabad-abad. Beberapa irisan jahe yang masih mentah dapat direbus ke dalam air mendidih dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Jahe juga bisa menangkal perasaan mual yang diderita oleh penderita influenza.

2. Madu

Madu merupakan herbal yang snagat ampuh ketika anda terserang batuk dan pilek. Madu mengandung antioksidan, antibakteri, dan antimikroba. Selain itu kandungan pada madu dapat menenangkan tenggorokan, mengurangi iritasi, dan membantu memecah lendir. Bagi ibu hamil yang sedang mengalami flu madu bisa menjadi alternatif. Ibu bisa mencampur madu dengan campuran minuman hangat lainnya. Misalnya mencampur madu dengan air jahe atau rebusan air kayu manis.

3. Pegagan

Tanaman hijau satu ini mengandung saponin, alkaloida, flavonoid, dan polifenol, yang dimana sering dipakai untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu pegagan dapat meredakan gejala flu, obat sariawan, menurunkan demam, mengatasi batuk kering, dan meningkatkan nafsu makan.

4. Kencur

Kencur juga bisa digunakan sebagai salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh. Kencur tidak jauh berbeda dengan jahe, fungsi kencur dapat membantu sistem pernapasan agar tetap bekerja dengan baik. Kencur dapat meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

5. Lengkuas

Lengkuas mampu meningkatkan imun tubuh melalui aktifitas makrofag dan meningkatkan proliferasi sel limposit T. Sneyawa glikosida kuersetin yang terkandung dalam lengkuas mampu meningkatkan antibodi. Di samping itu, glikosida kuersetin pada lengkuas, juga memiliki efek antioksidan. Antioksidan dalam tubuh, berfungsi untuk mengikat senyawa radikal bebas agar tidak reaktif menempel pada sel tubuh, dan menimbulkan sakit.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Rachel Maryam

Solusi herbal untuk sakit pinggang

Ditanyakan oleh: Rachel Maryam
Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *