MANFAAT JAHE UNTUK KESEHATAN TUBUH

Dipublikasikan: 5 Mei 2021
Penulis: Nanda

Jahe merupakan rempah yang memiliki kandungan vitamin dan antioksidan. Selain itu jahe juga merupakan rempah yang tidak pernah absen dari bumbu masakan. Berikut ini manfaat jahe yang harus Anda ketahui!

JAHE
Jahe

1. Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Jahe mengandung kaya vitamin C dan magnesium. Dengan rutin mengkonsumsi jahe dapat memperkuat sistem imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang bagus dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Kehangatan yang ditimbulkan ketika kita mengkonsumsi jahe dapat mengatasi pilek atau flu.

2. Mencegah Kanker

Menurut penelitian yang ada pada jurnal US National Library of Medicine Institutes of Health menyatakan jahe mampu atasi penyakit kanker. Potensi jahe dalam mengobati penyakit kanker karena sifat antimikroba yang terkandung di dalamnya.

Kanduangan gingerol, phytonutrient pada jahe dapat memberikan rasa unik pada jahe. Ginggerol sendiri dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar, selain itu dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Jahe merupakan salah satu alternatif yang sering digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan phenolic pada jahe dapat berfungsiuntuk meredaakan gejala iritasi gastrointestina, menstimulasi air liur, mencegah kontraksi pada perut, sampai dengan membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada pada proses pencernaan.

Selain itu jahe juga disebut sebagia carminatif yang dimana menjadi substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada pada sistem pencernaan. Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan dari serangan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcusaureus.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe juga bisa menjadi salah satu bahan untuk menurunkan berat badan. Ketika mengkonsumsi teh jahe hangat bisa membuat Anda merasa kenyang, karena teh jahe efektif menjaga rasa lapar yang berlebih. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki kandungan kalori yang rendah dan tidak memiliki peran besar untuk menaikan berat badan. Sebagai penderita obesitas sangat disarankan untuk konsumsi jahe.

Selain itu jahe berfungsi dalam membantu meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kadar kolesterol agar lebih stabil. Walaupun jahe memiliki banyak fungsi untuk kesehatan, akan tetapi untuk solusi terbaik untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan adalah berolahraga dan memperhatikan asupan makan sehat.

5. Mengatasi Radang Otot

Kandungan gingerol pada jahe bersifat anti-inflamator dan antiperadangan. Hal tersebut membantu melawan peradangan akut. Para penderita persendian seperti osteoarthritis dan rematik dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi jahe, karena dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit.

Jahe dapat menghambat komponen yang aktif dalam proses inflasi seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit. Komponen aktif seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin sebagai pemicu radang. Seperti penelitian yang sudah dilakukan kepada atlet sepak takraw pemberian ekstrak jahe selama 10 hari dapat membantu dalam penyembuhan nyeri otot.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Rachel Maryam

Solusi herbal untuk sakit pinggang

Ditanyakan oleh: Rachel Maryam
Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.