INI DIA! KEAJAIBAN MADU YANG WAJIB KITA TAHU

Dipublikasikan: 8 Mei 2021
Penulis: Nanda

Madu adalah salah satu bahan alami yang sering  digunakan sebagai pemanis, baik untuk teh, serealia, panekuk, dan juga wafel. Selain enak, cairan kental yang dihasilkan lebah dari nektar bunga ini menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja sih manfaatnya?

madu

Berbagai Manfaat Madu bagi Kesehatan

Rasa manis yang berasal dari gula membuatnya sangat baik untuk meningkatkan stamina, terutama ketika Anda sedang berolahraga atau bekerja. Selain itu, manfaat apa saja yang bisa kita peroleh adalah:

Menjaga Imunitas Tubuh

Senyawa fitonutrien yang terkandung dalam madu dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. Hal ini tentunya sangat berperan untuk memperkecil kemuninan terjadinya penyakit infeksi. Tidak hanya itu, diketahui juga memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa madu juga merupakan prebiotik, sehingga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sifat ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Sumber Energi

Merangkum dari Healthline, nutrisi yang dimiliki oleh satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa. Kandungan tersebut menjadi sumber energi yang baik. Glukosa yang terkandung di dalamnya dapat diserap oleh tubuh dengan cepat dan memberikan dorongan energi langsung. Sementara itu, fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat.

Madu juga ditemukan menjaga kadar gula darah cukup konstan dibandingkan dengan jenis gula lainnya. Tidak hanya itu, ia juga mengandung kalsium, kalium, dan juga zat besi yang dapat menjaga kekuatan otot dan tulang sehingga tidak mudah letih saat sedang beraktivitas berat sekalipun.

Membantu Untuk Penyembuhan Luka

Sudah banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa madu sangat efektif untuk membantu percepat penyembuhan luka. Kandungannya berkhasiat untuk menyingkirkan jaringan sel kulit mati, membunuh bakteri luka, dan merangsang pembentukan jaringan kulit baru yang berfungsi untuk menutupi luka.

jenis luka yang mungkin dapat disembuhkannya antara lain, seperti luka bakar, lecet, dan luka diabetes. Namun pada saat Anda menggunakan madu sebagai obat untuk membantu penyembuhan luka pastikan yang madu yang Anda gunakan adalah yang terjamin steril. Apabila madu yang digunakan tidak terjamin kebersihannya dikhawatirkan akan menimbulkan infeksi pada luka.

Meringankan Masalah Tenggorokan

Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur untuk melembapkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan keinginan untuk batuk. Selain itu, berbagai antioksidannya juga bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

Khasiat madu sebagai obat batuk telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Dari penelitian-penelitian tersebut disimpulkan bahwa madu bisa menjadi obat batuk alami yang tidak kalah dari obat batuk medis yang sering diresepkan dokter untuk orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 2 tahun.

Menurunkan Tekanan Darah

Melansir dari Healthline, madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan mampu menekan efek buruk dari kolesterol jahat dalam tubuh. Antioksidan juga dapat membatasi dampak kolesterol jahat untuk menyebarkan kolesterol ke seluruh tubuh dan mengendap di pembuluh darah. Dengan begitu, pembuluh darah tidak akan terganggu kinerjanya.

Kolesterol jahat yang terperangkap di dinding arteri akan menjadi plak saat terpapar dengan radikal bebas. Sama halnya dengan pengendapan, plak pada dinding arteri akan menyumbat aliran darah dalam tubuh. Dengan adanya antioksidan, radikal bebas akan menjadi berkurang dan mencegah kolesterol jahat untuk membentuk plak pada dinding arteri.

Manangkal Radikal Bebas

Senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin pada madu merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas berlebih dalam tubuh. Khasiatnya ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kemampuan madu yang satu ini, di antaranya memperkuat sel imun tubuh, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, serta mencegah diabetes, serangan jantung, hingga kanker.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Rachel Maryam

Solusi herbal untuk sakit pinggang

Ditanyakan oleh: Rachel Maryam
Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.