PENYEBAB BAU MULUT DAN CARA MENGATASINYA!

Dipublikasikan: 20 April 2021
Penulis: Nanda
bau mulut

Puasa tentunya kita memiliki tantangan untuk menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Tapi kalian tau ngga sih kalo tantangan puasa tidak hanya itu, salah satunya adalah kita sering mengalami bau mulut. Faktor penyebabnya adalah kita tidak makan dan minum selama berjam-jam sehingga mulut kita menimbulkan bau tidak sedap. Sehingga produksi air liur menjadi lebih sedikit. Padahal air liur berfungsi sebagai untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut. Hal ini karena air liur mengandung enzim anti-bakteri alami.

Ketahuilah bahwa bau mulut merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu. Pasalnya kita akan menjadi kurang nyaman dan tidak percaya diri saat berinteraksi dengan seseorang. Namun kali ini tidak perlu khawatir karena kita bisa mengenal beberapa cara untuk mencegah dan menanggulangi bau mulut saat menjalankan ibadah puasa.

TIPS HILANGKAN BAU MULUT SAAT PUASA

Teh Hijau

Teh hijau memiliki zat yang mengandung antibakteri dan antioksidan. Teh hijau juga dapat mengobati peradangan. Tapi kalian tau ngga kalau kita konsumsi teh hijau dapat membantu kita untuk mencegah bau mulut ketika kita berpuasa? Untuk lebih efektifnya campurkan daun mint ke dalam seduhan teh hijau.

Daun Mint dan Parsley

Daun mint dan parsley dapat digunakan untuk mencegah bau mulut saat kita berpuasa. Konsumsinya cukup mudah, campurkan dua sendok makan parsley dan daun mint ke dalam air atau teh. Atau kalian juga bisa membuat jus daun mint dan parsley dengan cara di blender selama dua menit.

Daun Saga

penelitian menyatakan bahwa daun saga memiliki kandungan antibakteri yang dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut, kerusakan gigi, dan gusi. Selain itu daun saga juga dapat berperan untuk mengurangi peradangan pada gusi dan mulut, sehingga daun saga efektif untuk mengatasi bau mulut dan sariawan.

Air Putih

Ketika sahur dan berbuka dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Menkonsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur, sehinga dapat mencegah terjadinya kekeringan di rongga mulut yang dapat menyebabkan bau mulut.

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayuran mengandung mineral yang cukup tinggi, sehingga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur ketika saat sahur dan berbuka. Buah dan sayur yang dianjurkan dan memiliki mineral yang tinggi yaitu sayuran hijau, kubis, apel, pir, jeruk, dan melon. Buah dan sayur dapat membantu meningkatkan air liur, sehingga dapat mencegah bau mulut saat menjalankan puasa.

Membersihkan Gigi dan Lidah

Menyikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Pada saat berpuasa, menyikat gigi dapat dilakukan setelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari. Pastikan Anda menyikat gigi secara menyeluruh, termasuk di sela-selanya. Selain gigi, lidah juga harus dibersihkan atau disikat untuk menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makanan yang masih menempel.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Rachel Maryam

Solusi herbal untuk sakit pinggang

Ditanyakan oleh: Rachel Maryam
Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *