CARA MENGATASI PERUT KEMBUNG SECARA ALAMI YANG BISA ANDA COBA DI RUMAH

Dipublikasikan: 12 Juni 2021
Penulis: Nanda

Mengatasi perut kembung secara alami bisa menggunakan kompres air hangat, memijat perut, atau berolahraga ringan. Selain itu, bisa mengonsumsi herbal berikut ini;

perut kembung

Apa Itu Perut Kembung?

Perut kembung merupakan sebuah gejala yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit di dalam perut. Perut kembung juga bagian dari kumpulan gejala yang biasa kita kenal maag dan masuk angin. Ketika Anda mengalami perut kembung, Anda mungkin akan bersendawa lebih sering ataupun perut mengeluarkan bunyi.

Selain itu, apabila Anda merasakan perut kembung perut akan terasa lebih buncit, kencang, penuh, dan memiliki banyak gas. Perut kembung dapat terjadi oleh siapapun dna kapanpun. Biasanya hal kecil yang dapat menyebabkan perut kembung adalah setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman. Perut kembung juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan. Beberapa kondisi medis yang sering menyebabkan perut kembung, antara lain;

Kemungkinan Penyebab Perut Kembung

Terjadinya perut kembung biasanya disebabkan oleh kebiasaan yang mungkin tidak sengaja Anda lakukan sehari-hari, seperti makan terlalu banyak atau terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas atau berlemak, langsung berbaring ketika setelah makan, mengunyah permen karet, ataupun merokok.

Selain kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan perut kembung namun penyebab lainnya bisa dikarenakan gangguan kesehatan, Berikut ini ada beberapa kondisi medis yang sering menyebabkan perut kembung;

Maag

Dalam istilah media maag disebut dengan dispepsia atau indigestion. Saat mengalami kondisi seperti ini Anda akan merasa tidak nyaman atau nyeri yang terjadi secara terus menerus pada area perut bagian atas. Ketika maag kambuh bisa menyebabkan perut kembung hingga mual dan muntah. Beberapa gejala maag lainnya yaitu cepat merasa kenyang saat makan walaupun belum makan dengan jumlah porsi yang cukup, perut atau kerongkongan terasa perih, dan perut juga terasa dipenuhi gas juga disertai sendawa yang berlebih.

Masuk Angin

Walaupun masuk angin dalam istilah medis tidak ada, namun sebagian orang percaya bahwa apabila kita sedang mengalami masuk angin berarti banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh. Masuk angin bisa terjadi karena terlalu banyak menelan udara ketika berbicara, tertawa, menelan, atau makan. Kondisi seperti itu dalam medis bisa disebut dengan aerofagia. Gejalanya hampir sama seperti maag, yaitu sendawa beberapa kali dalma satu menit, perut kembung, dan nyeri perut.

Kekurangan Enzim

Penyebab perut kembung diakibatkan medis selanjutnya adalah kekurangan enzim pencernaan. Fungsi dari enzim sendiri adalah untuk membantu proses pengolahan makanan menjadi partikel yang lebih kecil agar nutrisinya mudah diserap oleh tubuh.

Saat suhu tubuh Anda meningkat atau mengalami demam, fungsi enzim pencernaan bekerja tidak optimal. Selain itu, produksi dan efektivitas enzim pencernaan juga bisa terhambat jika tubuh mengalami gangguan pankreas, maupun intoleransi makanan atau minuman tertentu, misalnya intoleransi laktosa . Perut kembung karena masalah pada enzim juga dapat disebabkan oleh makan terlalu banyak sehingga jumlah enzim tidak mencukupi, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, dan stres.

Cara Mengobati Perut Kembung dengan Alami

Selain dengan obat-obatan, Anda juga bisa mengonsumsi bahan herbal alami sebagai langkah sederhana untuk menghilangkan rasa kembung di perut. Berikut bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung dan bisa Anda coba di rumah

  • Minyak Pepperminta

Perut kembung sendiri bisa disebabkan oleh adanya perubahan fungsi otot pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, sebagian orang menggunakan obat-obatan yang disebut antispasmodik. Bahan tersebut dapat membantu mengurangi kejang otot dan telah terbukti bermanfaat. Menurut hasil penelitian bahwa minyak peppermint adalah bahan alami yang dapat bekerja dan berfungsi sama dengan antispasmodik.

  • Seledri

Seledri adalah jenis sayuran hijau yang sudah terbukti banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Seledri memiliki mengandung dimana bersifat dapat mengikat air berlebih. Kandungan air berlebih tersebut nantinya akan dikeluarkan untuk mengatasi sensasi begah atau kembung perut.

  • Minyak Zaitun

Siapa yang tidak tau dengan minyak zaitun? minyak yang memiliki segudang manfaat ini memiliki sumber omega-3 dan mengandung oleic acid. Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi minyak zaitun dengan porsi sedikit dapat mengatasi keluhan perut kembung dan begah.

  • Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit sudah teruji bermanfaat untuk gangguan pencernaan. Hasilnya, kunyit terbukti efektif membantu gangguan pencernaan, terutama ketika banyak gas berkumpul di perut. Kunyit dianggap mampu mengatasi perut kembung karena mampu menenangkan otot saluran pencernaan yang menegang (efek karminatif). Maka dari itu, kunyit diklaim mampu menjadi obat alami untuk perut kembung.

  • Jahe Merah

Jahe merah memiliki kandungan yang dikenal sebagai gingerol. Kandungannya memiliki efek karminatif. Selain itu, kandungannya mampu mengurangi tekanan pada otot halus kerongkongan bagian bawah, mengurangi keram dalam perut sehingga dapat mencegah perut kembung, hingga membatu mengatasi gejala maag.

  • Air Lemon

Lemon memiliki sifat asam yang dapat meningkatkan metabolisme dan produksi asam hidrolik yang membantu pencernaan. Tidak hanya itu lemon dapat mencegah terbentuknya gas di dalam perut, membantu meredakan perut kembung, menghilangkan rasa sakit, dan gejala gangguan pencernaan lainnya.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *