STRATEGI MENURUNKAN BERAT BADAN SAAT PUASA

Dipublikasikan: 5 Mei 2021
Penulis: Nanda
diet

Bagi Anda yang sudah berangan untuk diet tapi belum juga kesampaian, bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk merealisasikannya. Namun, menurunkan berat badan saat bulan Ramdhanjuga memiliki cara yang tepat, tidak semata-mata langsung mengalami penurunan berat badan. Banyak juga yang ketika bulan puasa mengalami kenaikan berat badan.

Pada dasarnya menjalankan diet disaat bulan Ramadhan sama seperti kita menjalani diet diluar bulan Ramadhan atau cara yang Anda lakukan sehari-hari. Anda tetap harus melakukan pola makan yang baik dan pola hidup yang seimbang. Asupan karbohidrat kompleks, lemak, dan protein yang baik harus diperhatikan saat sahur dan berbuka puasa. Jika asupan tersebut tidak diperhatikan, maka impian memiliki berat badan yang ideal tidak akan tercapai. Nah, tentunya hal tersebut Anda tidak ingin rasakan bukan? Berikut ini ada tips diet saat puasa yang bisa di terapkna saat bulan Ramadhan.

Konsumsi Makanan Berserat juga Protein Ketika Sahur dan Berbuka

Pastikan ketika Anda sahur dan berbuka mengkonsumsi makanan yang kaya adan serat dan protein. Dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi, makanan berserat akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Sehingga, dapat membantu menekan nafsu makan dan akan merasakan kenyang yang lebih lama.

Menghindari Konsumsi Minuman Manis

Walaupun pada saat bulan Ramadhan dianjurkan berbuka dengan yang manis untuk mengembalikan energi. Namun mengkonsumsi manis yang terlalu berlebihan tidak dianjurkan. Mengkonsumsi yang manis yang terlalu banyak akan disimpan sebagailemak oleh tubuh. Hal tersebut dapat membatalkan program diet Anda.

Tetap Olahraga

Biasanya setiap orang yang berpuasa tidak melakukan olahraga. Eitsss bukan berarti puasa arus bermalas-malasan. Berolahraga justru bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berart badan. Ketika Anda berpuasa kita tidak mendapatkan asupan glukosa selama berjam-jam. Tubuh akan mencari cadangan lemak yang ada di tubuh. Maka, berolahraga saat puasa bisa mejadi tips diet yang efektif.

Hindari Makanan Berminyak

Setelah menahan lapar seharian, pastinya Anda sangat tergoda dengan makanan yang berminyak seperti gorengan. Mengonsumsi makanan berminyak dapat menghasilkan lemak jahat (jenuh) saat bulan Ramadhan akan membuat Anda menjadi gemuk. Nah! Memenuhi kebutuhan nutrisi saat puasa dapat diganti dengan lemak yang tak jenuh, seperti mendapatkan asupan lemak dari kacang-kacangan, alpukat, dan ikan.

Tidur Cukup

Banyak yang tidak menyadari bahwa kegiatan sederhana ini dapat membantu diet. Kurang tidur pada saat puasa akan mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Akibatnya tubuh tidak membakar lemak secara efektif. Selain itu meningkatkan hormon ghrelin yang dapat meningkatkan nafsu makan. Hal tersebut yang menyebabkan ketika berbuka menjadi kalap dan makan terlalu banyak.

BAHAN ALAMI YANG DAPAT MEMBANTU DIET

1. Konsumsi Beras Pecah Kulit

Salah satu cara sederhana untuk diet atau menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi beras pecah kulit, seperti beras coklat, beras merah, atau campuran bahan tersebut. Beras jenis ini mengandung kalori yang lebih rendah dari nasi putih. Selain itu, beras ini kaya akan serat dan karbohidrat yang kompleks yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di dalam tubuh.

2. Konsumsi Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang sering digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu cara untuk diet. Herbal ini memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan. Selain itu, dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan imunitas, dan mengobati peradangan. Menurut riset kesehatan bahwa jahe berhasil membuat seseorang merasa lebih cepat kenyang dan menekan nafsu makan.

3. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman sehat yang dapat membantu program diet Anda. Teh hijau mengandung antioksidan dan mineral yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan berat badan. Selain itu teh hijau dapat dengan efektif menurunkan berat badan dan minuman ini termasuk diet yang sehat.

4. Konsumsi Air Lemon atau Jeruk Nipis

Konsumsi jeruk nipis atau lemon merupakan sumber vitamin C dan memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik. Selain terasa segar ketika dikonsumsi, air ini sangat efektif untuk dikonsumsi untuk diet. Kandungan asam sitrat dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar banyak kalori, sehingga dapat menjaga berat badan lebih ideal.

*Konsumsi air lemon atau jeruk nipis secara langsung ketika berbuka puasa atau sahur tidak dianjurkan untuk penderita gangguan lambung. Apabila penderita gangguan lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan inti terlebih dahulu.

5. Konsumsi Madu

Sebagian orang sering mencampurkan madu ke dalam suatu minuman untuk membantu menurunkan berat badan. Penelitian menyatakan bahwa mengganti sukrosa dengan madu dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Selain itu, dapat menekan nafsu makan. Dengan begitu mengonsumsi madu dapat menjadi solusi untuk program diet.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *