JANGAN KELIRU, INI DIA PERBEDAAN REMATIK DAN ASAM URAT

Dipublikasikan: 12 Juni 2021
Penulis: Nanda

Apakah belakangan ini Anda merasakan nyeri sendi? Lalu ada yang bilang Anda terkena rematik, tetapi ada yang bilang karena asam urat. Jadi, kata siapa yang benar? Walaupun rasanya sama yaitu nyeri sendi, tetapi kedua penyakit ini berbeda lho.

asam urat, rematik

Sampai saat ini tak sedikit orang yang menganggap kalau rematik dan asam urat adalah sama. Mengapa? Karena keduanya sama-sama menyebabkan masalah pada sendi yang terasa nyeri. Lantas apa perbedaannya?

Perbedaan Rematik dan Asam Urat

Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan kronis pada otot atau sendi sehingga meninmbulkan rasa nyeri juga kekakuan sendi. Kondisi ini umumnya makin memburuk di pagi hari dan setelah periode tidak aktif. Rasa sakit biasanya terjadi pada kedua sendi di sisi kanan dan kiri, secara simetris namun dengan keparahan yang berbeda. Rematik juga terkadang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan sensasi panas pada area tubuh yang nyeri.

Asam urat atau gout sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Biasanya dirasakan pada jari-jari atau persendian kaki, baik disalah satu kaki ataupun kedua kaki. Dalam keadaan normal asam urat yang terlalu tinggi biasanya akan larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam keadaan tertentu tubuh dapat menghasilkan asam dalam jumlah yang berlebih dan mengalami gangguan dalam membuang asam urat yang berlebih. Oleh sebab itu, kadar asam urat menjadi menumpuk dalam tubuh lalu memicu nyeri dan bengkak pada sendi pada tubuh.

Perbedaan Faktor Resiko

Rematik

Rematik dapat menyerang siapapun dari kelompok usia muda maupun tua. Namun, rematik biasa dotemuka pada kelompok usia tua yang dimana tergolong lansia sekitar umur 60 tahun. Menurut gender, biasanya rematik dialami lebih banyak pada pria dibandingkan dengan wanita.

Asam Urat

Sementara untuk asam urat biasanya ditemukan pada pria usia muda dewasa dengan kategori berat badan yang berlebih. Selain itu asam urat juga bisa dikarenakan menjalankan pola hidup yang buruk seperti mengonsumsi alkohol atau makan makanan yang menggunakan pemanis buatan.

Cara Mengatasi Rematik dan Asam Urat

Berikut merupakan beberapa herbal untuk asam urat dan rematik
1. Sambiloto

Meskipun sambiloto memiliki rasa yang pahit, sambiloto memiliki banyak kandungan zat kimia, seperti alkane, keton, aldehid, flavanoid, kalsium, kalium , dan natrium. Tanaman sambiloto memiliki beberapa manfaat, seperti antinyeri, antiradang, dan dapat menawarkan racum. Sementara itu, untuk meramu sambiloto sebagai obat rematik dan asam urat, bisa memanfaatkan daunnya.

2. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing bermanfaat sebagai obat asam urat alami. Kandungan senyawa aktif seperti flavonoid, fenolik, dan asam kafeat yang tinggi di dalamnya memiliki sifat antiradang mampu menghambat pembentukan asam urat. Selain itu, kumis kucing juga diketahui dapat meningkatkan fungsi ginjal yang menurun dan memperbaiki kerusakan ginjal, terutama yang diakibatkan oleh kondisi asam urat yang tinggi. Sifat diuretiknya dapat membantu membuang asam urat berlebih melalui kencing.

3. Jahe Merah

Jahe merupaka salah satu herbal yang dimana sangat bermanfaat untuk mengobati asam urat dan rematik. Sebab jahe dapat mengurangi peradangan sendi serta membuang tumpukkan asam urat dengan begitu sirkulasi darah menjadi lancar. Sifat antiinflamasi yang dapat menyusutkan gejala asam urat. Sedangkan rimpang jahe mengandung minyak asiri yang memiliki efek farmakologis antirematik.

4. Minyak Zaitun

Kandungan asam lemak tak jenuh pada zaitun dapat menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi. Anda memiliki kadar asam urat tinggi? Sebaiknya mulai sekarang Anda menggunakan minyak zaitun untuk memasak. Kandungan Antioksidan dan sifat antiinflamasi yang tinggi sangat baik untuk membantu menurunkan kadar asam urat tinggi yang ada dalam darah.

5. Rosella

Selanjutnya ada rosella yang dapat digunakan sebagai herbal untuk meredakan nyeri pada bagian sendi. Anda dapat memanfaatkan rosella ini untuk mengatasi nyeri sendi saat asam urat atau rematik Anda datang. Bunga rosella ternyata mempunyai banyak sekali kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu juga ada kandungan lainnya seperti asam amino arginina dan juga leginina dimana memiliki manfaat untuk bisa meremajakan bagian dalam sel tubuh.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Rachel Maryam

Solusi herbal untuk sakit pinggang

Ditanyakan oleh: Rachel Maryam
Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *