5 MANFAAT SELEDRI UNTUK PRIA WAJIB TAHU!

Dipublikasikan: 5 Mei 2021
Penulis: Nanda

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat umum digunakan dan kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seledri memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, C, dan K. Selain itu seledri juga mengandung antioksidan hingga mineral, seperti asam folat dan kalium. Nah, untuk lebih tau lanjut tentang khasiat seledri , simak penjelasan berikut ini, yuk!

seledri

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Meningkatkan Kesuburan

Khasiat daun seledri bagi pria adalah dapat meningkatkan kesehatan seksual bagi pria. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat memabntu meningkatkan jumlah dan motilitas (pergerakan) sperma. Selain itu, dapat mencegah risiko terjadinya kerusakan pada produksi sel sperma. Hal tersebut merupakan faktor penting untuk menentukan kesuburan pria.

Meskipun demikian, tidak boleh seseorang mengonsumsi jus seledri ini secara berlebihan. Pasalnya, kandungan apigenin yang terdapat di dalamnya justru dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Untuk itu, tetaplah imbangi dengan berbagai sayuran maupun buahan bergizi lainnya yang juga bisa meningkatkan kesuburan sperma.

Meningkatkan Kadar Androsteron

Androsteron adalah salah satu bagian yang ada pada hormon seks testosteron. Hormon ini memiliki peran besar dalam kemunculan bulu yang menyelimuti badan Anda, mengatur gairah seksual, massa tulang, distribusi lemak, massa dan kekuatan otot, hingga produksi sel darah merah juga sperma. Daun seledri dianggap memiliki kandungan androsteron yang tinggi sehingga dipercaya bisa meningkatkan hormon testosteron dan gairah seksual pada pria. Meski demikian, khasiat daun seledri untuk pria ini belum memiliki bukti yang konkret dan memerlukan penelitian lanjutan.

Afrodisiak

Afrodisiak adalah berbagai makanan atau obat-obatan yang dapat menstimulasi gairah seksual. Seledri diklaim sebagai afrodisiak karena mengandung komponen feromon yang bisa ditemukan saat dikonsumsi. Feromon adalah hormon kimia yang berfungsi di luar tubuh dan memainkan peran dalam ketertarikan secara seksual. Androsteron digolongkan sebagai salah satu feromon karena bisa ditemukan dalam keringat manusia. Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai seledri yang membuktikan secara ilmiah untuk meningkatkan kesuburan, bukan berarti Anda tidak boleh mencobanya. Anda tetap bisa mengonsumsi daun seledri asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Menurunkan Tekanan Darah

Pada penelitian tahun 2016 menyarankan orang dengan tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi lebih banyak serat. Mengingat seledri merupakan sayuran yang kaya akan serat, Anda bisa memasukkan sayuran ini ke dalam menu makanan harian jika ingin menurunkan tekanan darah.

Sejumlah orang memanfaatkan ekstrak seledri dan seledri sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Melansir Medical News Today, salah satu studi menguji efek konsumsi seledri pada tikus yang memiliki hipertensi. Hasilnya, seledri bisa menurunkan tekanan darah tinggi tikus. Seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Asupan tinggi serat juga bisa menjaga tekanan darah lebih stabil.

Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Salah satu manfaat kesehatan dari seledri adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian pada tahun 2014 lalu juga ikut membuktikan bahwa seledri memang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jika kadar LDL terlalu banyak dalam darah, risiko mengalami penyakit jantung dan stroke pun meningkat. Ekstrak seledri tidak hanya membantu menurunkan kolesterol jahat, tetapi juga trigliserida dalam darah.

Bahkan, mengonsumsi sayuran yang satu ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Oleh sebab itu, jika ingin mengurangi risiko dari berbagai penyakit serius tersebut, Anda bisa memasukkan seledri ke dalam menu makanan harian.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *