DAUN SAGA, TANAMAN OBAT YANG AMPUH SEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT

Dipublikasikan: 5 Mei 2021
Penulis: Nanda

Banyak yang belum mengetahui apa itu daun saga. Namun, tahukah Anda kalau daun saga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam dunia pengobatan tradisional daun saga sangat populer digunakan untuk mengatasi batuk. Bahkan beberapa produk obat batuk sudah memanfaatkan daun ini sebagai bahan pembuatannya

Daun saga dalam dunia pengobatan tradisional sangat populer digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk. Bahkan, beberapa produk obat batuk sudah menggunakan daun ini sebagai bahan pembuatannya. Manfaat daun saga sebagai obat batuk tradisional dikonsumsi dalam bentuk air rebusan atau suplemen.

daun saga

Penasaran kan apa aja sih manfaat dari daun saga yang lainnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh yang penting banget Anda ketahui.

Mencegah Diabetes dan Kanker

Daun saga berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang biasanya menyebabkan kanker dan diabetes. Kandungan flavonoid dan polifenol pada daun saga berguna sebagai antioksidan untuk tubuh. Pengonsumsian daun saga biasanya direbus terlebih dahulu lalu diminum airnya.

Mengobati Sariawan

Manfaat daun saga berikutnya adalah sebagai alternatif untuk mengobati sariawan. Jika kita terkena sariawan itu adalah hal yang sangat menyebalkan, karena berpengaruh dengan penurunan tingkat nafsu makan kita. Selain itu sariawan juga menghambat kelancaraan saat berbicara. Secara tidak langsung apabila kita terkena sariawan dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari

Cara mengkonsumsi daun saga dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, menjemur daun saga hingga kering setelah itu kunyang daun saga dan usahakan tidak tertelan. Kedua, rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidik lalu kumur. Lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Meringankan Flu dan Batuk

Sifat antitusif yang dimiliki oleh daun saga dapat bermanfaat untuk meringankan batuk. Antitusif merupakan sifat yang dapat membantu meredakan batuk, dikarenakan dapat menghambat daerah koordinasi bagian batang otak yang mengubah refleks batuk.

Manfaat selanjutnya dari daun saga mampu membantu mengatasi flu. Flu adalah penyakit yang paling sering terjadi pada kebanyakan orang karena kekebalan tubuh yang menurun. Flu disebabkan oleh virus akut yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun saga untuk mengobati batuk dan membuat tenggorokan senantiasa lebih bersih nan lega. Rasa air rebusan daun saga juga manis, sehingga lebih mudah digunakan untuk pengobatan.

Mengobati Diare atau Sakit Perut

Manfaat daun saga yang keempat adalah untuk membantu mengobati sakit perut. Daun saga digunakan dalam pengobatan tradisional Afrika Timur, berguna untuk mengatasi sakit perut. Selain itu daun saga juga mampu digunakan untuk mengobati diare berkat sifat antioksidan dan antibakterinya. Konsumsi daun saga dapat dengan cara diolah menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung.

Menambah Nafsu Makan

Manfaat daun saga juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Daun saga diketahui mengandung vitamin B yang dapat menambah nafsu dan selera makan Anda.Untuk itu, konsumsuiair rebusan daun saga juga baik diberikan kepada anak-anak yang susah makan agar nafsu makannya kembali meningkat dan kebutuhan gizinya dapat terpenuhi.

Melawan Bakteri Jahat

Daun saga juga dapat membantu melawan keberadaan bakteri jahat di dalam tubuh. Daun saga diketahui memiliki kandungan senyawa saponin, yang mana senyawa tersebut pada kadar 0,09% berkhasiat sebagai antibakteri. Dalam daun saga, senyawa saponin didapati berada di kisaran angka 1,19% yang artinya telah melewati batas minimum dan positif dapat dikatakan sebagai antibakteri.

Bagikan ke teman dan keluarga: 

Pertanyaan yang masuk di redaksi konsultasi Halo Herbal

Rachel Maryam

Solusi herbal untuk sakit pinggang

Ditanyakan oleh: Rachel Maryam
Ingin konsultasi dengan ahli herbal? dan Lihat pertanyaan lainnya →
Komentar dan Balasan Anda tentang artikel ini sangat berarti untuk kami agar makin berkembang dan memperbaiki tulisan-tulisan kami di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *